Honda Vario 125 Terbaru: Mesin 125cc eSP Lebih Kencang, Tetap Irit dan Nyaman Buat Harian

0
Honda Vario 125 Terbaru

Honda Vario 125 Terbaru: Mesin 125cc eSP Lebih Kencang, Tetap Irit dan Nyaman Buat Harian

KabarOto.id – Honda Vario 125 terbaru hadir untuk menjawab kebutuhan pengguna motor matic yang mendambakan performa lebih bertenaga dari kelas 110cc, namun tetap irit dan nyaman untuk harian. Dengan tampilan lebih modern dan sporty, motor ini membawa mesin generasi terbaru berteknologi eSP (enhanced Smart Power), berpendingin cairan, dan menggunakan sistem injeksi PGM-FI.

Performa Mesin 125cc eSP: Lebih Bertenaga, Lebih Efisien

Honda Vario 125 menggunakan mesin 4-langkah SOHC 124,8 cc, berpendingin cairan dan teknologi eSP. Mesin ini mampu menyajikan tenaga puncak 8,2 kW (11,1 PS) pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 10,8 Nm pada 5.000 rpm. Angka ini menunjukkan bahwa motor ini tidak hanya responsif saat dipacu, tapi juga tetap irit dalam konsumsi bahan bakar.

Spesifikasi Mesin:

  • Tipe Mesin: 4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan

  • Volume Silinder: 124,8 cc

  • Diameter x Langkah: 52,4 x 57,9 mm

  • Perbandingan Kompresi: 11,0 : 1

  • Daya Maksimum: 8,2 kW @ 8.500 rpm

  • Torsi Maksimum: 10,8 Nm @ 5.000 rpm

  • Sistem Suplai Bahan Bakar: PGM-FI

  • Transmisi: Otomatis, V-Matic

  • Starter: Elektrik

  • Tipe Kopling: Otomatis sentrifugal, tipe kering

Mesin ini juga hemat pelumas dengan kapasitas oli hanya 0,8 liter pada penggantian periodik, membuat biaya perawatan jadi lebih terjangkau.

Baca Juga: Tenaga Maksimal, Konsumsi Minimal! Ini Kekuatan Mesin Honda BeAT Street 2025 yang Bikin Irit dan Lincah

Rangka dan Suspensi: Keseimbangan Antara Kuat dan Nyaman

Untuk menopang tenaga mesinnya, Honda Vario 125 menggunakan rangka underbone yang dipadukan dengan suspensi depan teleskopik dan belakang lengan ayun (swing arm) tunggal. Suspensinya disetel cukup empuk untuk kebutuhan riding harian, baik di kota maupun pinggiran.

Detail Kaki-Kaki:

  • Suspensi Depan: Teleskopik

  • Suspensi Belakang: Swing Arm, Peredam Kejut Tunggal

  • Ban Depan: 90/80 – 14M/C 43P Tubeless

  • Ban Belakang: 100/80 – 14M/C 48P Tubeless

  • Rem Depan: Wavy Disc Brake

  • Rem Belakang: Tromol

  • Sistem Pengereman: Combi Brake System (CBS)

Dimensi dan Kenyamanan Berkendara

Dengan dimensi yang tetap kompak dan ringan, Vario 125 cocok untuk pria maupun wanita, serta mudah digunakan di perkotaan yang padat.

Dimensi & Berat:

  • Panjang x Lebar x Tinggi: 1.918 x 679 x 1.066 mm

  • Tinggi Jok: 769 mm

  • Jarak Terendah ke Tanah: 131 mm

  • Jarak Sumbu Roda: 1.280 mm

  • Berat Kosong (Curb Weight): 111 kg

Kapasitas dan Kelistrikan

Motor ini punya kapasitas tangki bensin cukup besar di kelasnya, yakni 5,5 liter, dengan bagasi 18 liter di bawah jok—cukup untuk menyimpan helm half face atau barang harian.

Kelistrikan:

  • Sistem Pengapian: Full Transisterized

  • Aki: MF 12V-5Ah

  • Tipe Busi: NGK CPR9EA-9 / Denso U27EPR9

Baca Juga: Mengupas Mesin Honda BeAT 2025: Hemat BBM, Ramah Lingkungan, dan Tetap Tangguh di Kelasnya

Vario 125 Cocok untuk Anda yang Ingin Kencang Tapi Tetap Irit

Honda Vario 125 terbaru adalah motor matic ideal bagi pengguna yang membutuhkan tenaga lebih tanpa mengorbankan efisiensi. Dengan mesin 125cc eSP yang andal, desain kompak, serta fitur CBS dan bagasi lega, motor ini layak jadi pilihan utama di kelasnya.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *