Astra Honda Motor Gandeng Sekolah Satu Hati Lestarikan Budaya Angklung Lewat School Camp 2025

0
Pelajar Sekolah Satu Hati Antusias Belajar Angklung di Saung Angklung Udjo

Kegiatan ini merupakan bagian dari program School Camp 2025 yang digelar oleh Astra Honda Motor untuk mendorong pelestarian budaya Indonesia di kalangan generasi muda.

KabarOto.id – Bandung, 20-21 Juni 2025 – PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menunjukkan komitmennya dalam pelestarian budaya Indonesia melalui program School Camp 2025. Mengusung tajuk “Generasi Muda Beraksi, Angklung Sekolah Satu Hati Menginspirasi”, kegiatan ini diikuti oleh 42 pelajar dan guru dari Sekolah Satu Hati (SSH) yang tersebar di wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Para pelajar dan guru dari sekolah binaan Sekolah Satu Hati antusias mengikuti sesi pelatihan pembuatan dan permainan angklung.

Bertempat di Saung Angklung Udjo (SAU), peserta diajak mendalami pembuatan dan teknik bermain angklung. Tak hanya itu, pelatihan juga dilengkapi dengan sesi public speaking untuk mempersiapkan mereka sebagai duta budaya angklung yang siap memperkenalkan musik tradisional Indonesia ke ruang publik.

Pelatihan Budaya yang Holistik di Pusat Angklung Dunia

Dalam kegiatan ini, peserta menyaksikan langsung proses pembuatan angklung, mulai dari pemilihan bambu hingga penyusunan nada. Mereka dikenalkan pada dua jenis angklung:

  • Diatonis: 7 tangga nada (do-re-mi), umum digunakan di sekolah-sekolah modern.

Baca Juga: Astra Motor Rayakan HUT ke-55: Melangkah Pasti, Meraih Masa Depan Bersama Konsumen

  • Pentatonis: 5 tangga nada khas Sunda, bernuansa etnik dan tradisional.

Selain praktik alat musik, peserta juga dilatih keterampilan komunikasi agar mampu menjelaskan sejarah, fungsi, dan nilai-nilai budaya angklung dengan percaya diri di depan publik atau melalui media sosial.

AHM dan Saung Angklung Udjo Bersinergi untuk Indonesia

Menurut Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication AHM, pelestarian angklung sudah menjadi bagian dari komitmen AHM sejak 2014. Melalui Sekolah Satu Hati, AHM mendorong generasi muda agar tak hanya bermain angklung, tetapi juga menjadi agen pelestari budaya di era digital.

“Kami ingin generasi muda lebih mencintai budaya sendiri. Lewat sinergi berkelanjutan bersama Saung Angklung Udjo, kami yakin semangat ini akan terus menyala, bahkan sampai ke mancanegara,” ujar Muhib.

AHM juga menggandeng Saung Angklung Udjo, pusat pelestarian budaya angklung berskala internasional yang telah mempromosikan angklung ke berbagai negara dan menjadi simbol diplomasi budaya Indonesia sejak diakui oleh UNESCO tahun 2010 sebagai warisan budaya dunia tak benda.

Sekolah Partisipan: Mewakili Ragam Wilayah dan Tingkat Pendidikan

Peserta School Camp 2025 terdiri dari siswa dan guru dari berbagai sekolah binaan, antara lain:

DKI Jakarta:

  • SDN Sunter Agung 13 Pagi

  • SMAN 13, SMAN 80, SMAN 110

  • SMP Hang Tuah 3

  • SMK Hang Tuah 1

Jawa Barat:

  • SMP Nassa

  • SMK Telekomunikasi Telesandi

  • SMK Mitra Industri MM2100

  • SMK Ananda Mitra Industri Deltamas

Baca Juga: Honda It’s Time to School 2025 Hadir di Yogyakarta, Ajak Pelajar Ekspresikan Bakat dan Cinta Produk Lokal

  • SMK Gema Nusantara

  • SMAN 2 Cikampek

Para siswa dan guru diharapkan menjadi pionir budaya di sekolah masing-masing, membawa semangat angklung sebagai simbol harmoni, kebersamaan, dan kebanggaan akan budaya bangsa.

Komitmen Jangka Panjang AHM terhadap Budaya

Pelestarian budaya adalah bagian dari strategi CSR AHM yang mengintegrasikan pendidikan karakter, literasi budaya, dan pemanfaatan teknologi digital di sekolah. Salah satunya dengan pemanfaatan media sosial sekolah untuk mempromosikan angklung kepada generasi muda secara luas dan relevan.

Dengan program seperti School Camp ini, AHM menegaskan bahwa tanggung jawab perusahaan bukan hanya soal bisnis, melainkan juga soal mewariskan budaya dan nilai luhur bangsa kepada generasi penerus.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *