Mau Jadi Pembalap Drag Bike, Ini Modifikasi yang Bisa Kamu Pertimbangkan, Biar Motor Melesat Cepat Melebihi Kecepatan Suara

Kabaroto.id – Balapan drag momen spesial bagi pencinta balapan lintasan lurus, agar motor dapat melesat lebih cepat, modifikasi motor yang tepat bisa jadi kunci tampil maksimal di lintasan. Yuk, kita bahas tips modifikasi agar motormu siap melesat, biar laju motormu bisa secepat kecepatan suara.
Modifikasi Mesin: Biar Tenaga Nendang!
- Bore-up mesin: Perbesar kapasitas silinder untuk tenaga ekstra. Misalnya dari 125cc ke 150cc.Tentu saja hal ini mempertimbangkan kelas yang akan diikuti, jadi jangan asal bore-up
- Karburator racing: Pilih ukuran besar (28–32 mm) agar suplai bahan bakar dan udara lebih optimal. · Karburator racing dirancang untuk respon throttle yang instan, jadi saat tuas gas ditarik, mesin langsung “ngegas” tanpa delay.
- Noken as racing: Ubah timing buka-tutup klep untuk akselerasi lebih agresif.
- Knalpot racing: Pilih tipe free-flow agar gas buang lancar dan tenaga keluar maksimal.
- Bahan bakar oktan tinggi: Gunakan Pertamax Racing atau Avgas untuk pembakaran sempurna.
Sistem Pengapian: Api Lebih Galak
- CDI racing: Naikkan batas RPM dan timing pengapian. Akselerasi tanpa delay membutuhkan timing pengapian yang lebih “gahar” daripada motor yang biasa digunakan untuk kepentingan transportasi.
- Koil & busi racing: Percikan api lebih besar = pembakaran lebih efisien.
Transmisi & Kopling: Tenaga Tersalur Sempurna
- Kampas kopling racing: Cengkeraman kuat, minim slip.
- Gear set: Sesuaikan rasio gir untuk akselerasi cepat di trek lurus. Gear set yang pas/sesuai, akan membuat perpindahan gigi menjadi lebih halus. Perpindahan gigi yang tidak halus justru menjadi “bencana” karena hal tersebut bisa memengaruhi kecepatan laju motor.
Rangka & Suspensi: Stabil di Kecepatan Tinggi
- Rangka drag: Lebih panjang dan rendah, bantu stabilitas saat melaju di lintasan.
- Suspensi pendek & kaku: Minim goyangan saat start dan akselerasi, goyangan dari suspense justru bisa memengaruhi cengkeram ban di lintasan, hal ini berisiko memperlambat laju motor saat balapan dimulai.
Ban & Velg: Traksi Maksimal
- Ban kecil & soft compound: Ukuran 45/90 atau 60/80, hal ini bertujuan agar daya cengkeram aspal lebih kuat.
- Velg ringan: Velg yang ringan dinilai mampu mengurangi beban rotasi dan membantu akselerasi.
Posisi Joki: Aerodinamis & Nyaman
- Stang rendah & pendek: Posisi tubuh lebih merunduk, kurangi hambatan angin. Terkadang stang juga disetting letter U, hal ini bertujuan agar posisi tubuh bisa lebih merunduk
- Jok tipis & rata: Salah satu ciri khas dari motor drag adalah jok yang tipis dan tidak empuk. Hal ini akan bantu kontrol saat start dan shifting.
Itulah beberapa hal yang perlu dimodifikasi sebelum sobat kabaroto turun di lintasan balap drag bike, tentu saja modifikasi dilakukan bukan untuk ajang saling keren, tetapi harus penuh perhitungan agar bisa menorehkan waktu tercepat saat balapan.