Mitos atau Fakta: Benarkah Ban Mobil Listrik Lebih Cepat Aus? Ini Penjelasannya

Mitos atau Fakta: Benarkah Ban Mobil Listrik Lebih Cepat Aus? Ini Penjelasannya
KabarOto.id –Seiring melonjaknya penggunaan mobil listrik di Indonesia, berbagai pertanyaan pun muncul dari para pemilik dan calon pengguna. Salah satu yang paling sering ditanyakan: Apakah ban mobil listrik memang lebih cepat aus dibanding mobil konvensional?
Untuk menjawab hal ini, Fisa Rizqiano, selaku Head of Original Equipment (OE) Sales PT Bridgestone Tire Indonesia, memberikan penjelasan teknis yang menarik.
Mengapa Ban Mobil Listrik Mengalami Beban Lebih Berat?
Bobot Lebih Berat dan Torsi Instan Jadi Penyebab Utama
Fisa menjelaskan bahwa mobil listrik memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan mobil dengan mesin pembakaran dalam (ICE). Hal ini sebagian besar disebabkan oleh ukuran dan posisi baterai yang besar, biasanya terletak di bagian bawah kendaraan.
Selain itu, torsi instan yang menjadi keunggulan mobil listrik justru memberikan tantangan baru bagi ban. “Saat akselerasi awal, friksi yang tercipta jauh lebih besar. Ini membuat ban bekerja lebih keras,” ujar Fisa kepada Kompas.com.
Perbedaan Spesifikasi Ban Mobil Listrik dan Konvensional
Ukuran Sama, Load Index Berbeda
Baca Juga: Tips Menggunakan APAR untuk Cegah Kebakaran Mobil Listrik Membesar
Secara kasat mata, ban mobil listrik mungkin terlihat sama dengan ban mobil biasa. Tapi spesifikasi teknisnya berbeda. Misalnya, ban ukuran 215/55-17 untuk mobil biasa punya load index 94, sedangkan versi mobil listrik bisa naik menjadi load index 98 agar mampu menanggung bobot ekstra.
Fisa menambahkan bahwa meskipun ban lebih besar bisa digunakan, namun hal tersebut bisa mengorbankan ruang dan efisiensi.
Inovasi Material untuk Ban Mobil Listrik
Kompon Khusus untuk Tahan Beban dan Efisiensi Daya
Tak hanya soal ukuran dan kekuatan, ban mobil listrik juga dibuat dari material atau kompon khusus. Tujuannya untuk menahan torsi tinggi dan bobot besar, sekaligus mengurangi gesekan demi efisiensi energi.
“Inovasi pada material ban ini penting agar daya tahan ban tetap optimal, walau bekerja di kondisi ekstrem,” tambah Fisa.
Baca Juga: Jalan Jauh Pakai Mobil Listrik? Ini 7 Tips Penting Biar Gak Kehabisan Baterai di Tengah Jalan
Fakta di Balik Mitos Ban Mobil Listrik Lebih Cepat Aus
Jadi, apakah benar ban mobil listrik cepat aus? Jawabannya: tidak sepenuhnya benar. Meski tekanan kerja lebih tinggi, teknologi ban EV saat ini sudah disesuaikan untuk menghadapi tantangan tersebut.
Dengan material khusus dan load index yang lebih tinggi, keawetan ban mobil listrik dapat tetap terjaga. Jadi, konsumen tidak perlu khawatir selama menggunakan ban sesuai spesifikasi dan merawatnya secara rutin.