Mitsubishi Destinator Dijajal dari Tol ke Sentul: Akselerasi Nendang, Fitur Makin Canggih!

0
Mitsubishi Destinator Dijajal dari Tol ke Sentul: Akselerasi Nendang, Fitur Makin Canggih!

Mitsubishi Destinator Dijajal dari Tol ke Sentul: Akselerasi Nendang, Fitur Makin Canggih!

KabarOto.id – Setelah debut global, Mitsubishi menggelar sesi test drive eksklusif bagi jurnalis otomotif untuk mencoba langsung Mitsubishi Destinator, SUV 7-penumpang terbaru mereka. Uji coba dilakukan dalam dua kondisi berbeda: jalan raya dan sirkuit, memberi pengalaman menyeluruh soal performa, fitur, dan kenyamanan kendaraan ini.

Rute Test Drive: Kombinasi Jalan Tol dan Trek Sirkuit

Dimulai dari Jakarta Timur hingga Sentul

Rute yang dilalui cukup panjang dan menantang, dimulai dari kantor pusat Mitsubishi di Pulomas, Jakarta Timur, lalu ke kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), dan berakhir di Sirkuit Sentul, Bogor. Total jarak tempuh dari PIK ke Sentul mencapai sekitar 86 km.

Setiap unit Mitsubishi Destinator diisi oleh empat orang, yakni tiga jurnalis dan satu personel dari tim produk Mitsubishi, demi mengoptimalkan sesi evaluasi.

Baca Juga: Jadi yang Pertama Masuk GIIAS 2025? Tiket VIP Day Hanya Rp 250 Ribuan, Ini Keuntungan Eksklusifnya!

Dimensi Lega, Pengendalian Lincah

Mitsubishi Destinator memiliki dimensi yang berada di antara Xpander Cross dan Pajero Sport:

  • Panjang: 4.785 mm
  • Lebar: 1.810 mm
  • Tinggi: 1.760 mm

Ukuran ini memberikan kabin yang lega, namun tetap memungkinkan pengendalian yang lincah dan responsif.

Performa Mesin Turbo Responsif

Mengusung Mesin 1.5L Turbo 4B40

Mesin 1.5L turbo berkode 4B40—yang sebelumnya digunakan pada Eclipse Cross—terbukti tangguh. Saat melaju di jalan tol, performanya terasa responsif dengan tenaga yang mengalir mulus sejak RPM rendah. Menurut Brand Ambassador Mitsubishi, Rifat Sungkar, simulasi throttle di atas 30% akan otomatis mengaktifkan turbo pada putaran mesin 2.500 rpm.

Fitur Canggih: Diamond Sense dan Mode Berkendara

ADAS Lengkap untuk Keselamatan dan Kenyamanan

Selama perjalanan, jurnalis juga diajak mencoba sistem Diamond Sense—fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System) Mitsubishi. Beberapa fitur unggulan di antaranya:

  • Forward Collision Mitigation (FCM)
  • Adaptive Cruise Control (ACC) dengan fungsi follow-speed

Mode Tarmac yang Menambah Sensasi Berkendara

Pada mode Normal, tarikan terasa halus dan nyaman. Namun, ketika berpindah ke mode Tarmac, karakter mesin berubah drastis: akselerasi lebih responsif, dan RPM tetap terjaga bahkan saat pedal gas dilepas.

Uji Manuver di Sirkuit Sentul

Akselerasi, Slalom, hingga Trek Basah

Setibanya di Sirkuit Sentul, pengujian berlanjut di lintasan khusus dengan berbagai simulasi medan:

  • Akselerasi cepat
  • Tikungan basah berkecepatan tinggi
  • Slalom zig-zag
  • Manuver cepat di aspal kering

Pengujian dilakukan pada dua mode: Normal dan Tarmac. Hasilnya, mode Tarmac memberi akselerasi dan kontrol lebih presisi sejak RPM rendah, dan mobil tetap stabil saat bermanuver ekstrem. Meskipun mode Wet tidak diuji maksimal, grip dan traksi tetap optimal.

Baca Juga: Jangan Sampai Mesin Jebol! Ini Pentingnya Filter Udara Motor dan Cara Merawatnya Biar Tetap Irit & Ngebut!

SUV Keluarga Serius dengan Fitur Modern

Dari hasil test drive ini, Mitsubishi Destinator tampil sebagai SUV keluarga yang siap bersaing. Tak hanya lega dan nyaman, SUV ini juga punya tenaga mumpuni dan fitur-fitur keselamatan aktif yang mendukung kepercayaan diri pengemudi di berbagai kondisi jalan.

Dengan teknologi seperti Diamond Sense, mode berkendara adaptif, serta kenyamanan kabin yang lega, Mitsubishi tampaknya serius menghadirkan alternatif baru bagi keluarga urban modern yang menginginkan kendaraan fungsional sekaligus menyenangkan untuk dikendarai.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *