Review Mendalam Kawasaki Ninja 650 Keluaran Tahun 2017

0
Review Mendalam Kawasaki Ninja 650 Keluaran Tahun 2017

Sumber: liputan6.com

Kabaroto – Dalam kelas motor sport menengah, terjadi kebangkitan yang pasti dengan kehadiran Suzuki GSX-8R dan Triumph Daytona 660 tahun ini setelah Aprilia RS660, Honda CBR650R, dan Yamaha R7 menyegarkan kategori ini.

Namun, bagi satu motor, popularitas segmen ini tidak mengherankan – Kawasaki Ninja 650.

Motor sport menengah ini dengan desain full fairing telah hadir dalam berbagai bentuk sejak 2006 dan terus menjadi penjualan yang stabil bagi perusahaan berkat sifatnya yang mudah dan mesin twin paralel yang kuat.

Rebranded menjadi Ninja 650 pada tahun 2017 (meskipun pada dasarnya adalah motor yang sama dengan ER-6f yang mendahuluinya hanya dengan penampilan yang jauh lebih baik).

Mini-Ninja ini tidak berada di garis depan desain motor sport menengah tetapi jika Anda mencari motor sport menengah yang keren.

Ninja 650 adalah pilihan beli bekas yang sangat baik. Dan satu yang jauh lebih murah dari model baru…

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan:

  • Mesin yang kuat
  • Harga yang menggoda
  • Handling yang baik

Kekurangan:

  • Sedikit ketinggalan zaman dalam penampilan dan perasaan
  • Mesin tidak begitu responsif atau kuat
  • Suspensi bisa sedikit lebih baik

Mesin dan Performa

Ninja ditenagai oleh motor twin paralel andalan Kawasaki, yang sebenarnya ditingkatkan pada tahun 2017 ketika menjadi Ninja 650 melalui kampas kopling baru, port intake yang dirancang ulang.

Dan modifikasi pada sistem bahan bakarnya – meskipun penyesuaian ini utamanya ditujukan untuk memenuhi peraturan emisi baru daripada peningkatan performa.

Hal yang sama berlaku untuk peningkatan kotak udara pada tahun 2020, yang memang memenuhi aturan emisi tetapi juga memberikan sedikit suara yang lebih berat pada motor.

Namun, apakah Kawasaki kehilangan fokus mereka pada mesin Ninja? Bisa dikatakan ya. Mengendarai Ninja 650 sendirian, tidak ada yang bisa dikeluhkan saat berbicara tentang mesinnya.

Motor yang sangat bagus dengan perasaan klasik yang kuat dan banyak tenaga di tengah, itu adalah unit yang telah diuji dan terbukti dengan reputasi yang solid untuk kehandalan dan perasaan pengguna yang ramah.

Di dalam atau di luar kota, motor ini melakukan pekerjaannya dengan baik dan berkat gearbox yang cukup mulus dan aksi kopling yang ringan, tidak banyak yang bisa dikeluhkan.

Tetapi kemudian Anda mengendarai salah satu motor twin paralel modern, atau triple 660 Triumph, dan Ninja secara instan terasa ketinggalan zaman karena memang jauh lebih lambat merespon, kurang memiliki dorongan instan, dan sedikit bergetar meskipun pegangan yang terpasang karet dan jepitan karet.

Apakah ini hal yang buruk? Ya dan tidak, perasaan klasik Ninja pasti memiliki kelebihannya karena lebih bertenaga di bawah, tetapi tidak se menyenangkan motor modern dan itu memang disayangkan.

Ini adalah motor yang solid, bukan yang menginspirasi. Ketika membeli bekas, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan mesin Ninja.

Ingatlah knalpot adalah unit satu bagian, jadi jika terdapat penyok atau kerusakan (atau memiliki knalpot aftermarket yang sangat keras), Anda perlu melepas seluruhnya, yang bisa sulit jika stud knalpot telah sangat berkarat.

Handling & Suspensi Kawasaki Ninja 650 (2017-sekarang)

Ada banyak hal yang disukai tentang Ninja 650 dalam hal sasisnya – tetapi juga cukup banyak yang membuat Anda merasa agak dingin.

Mulai dengan hal buruknya, secara tidak terbantahkan sangat ketinggalan zaman dalam hal teknologi (di mana quickshifter-nya?) dan daya tarik visualnya.

Kaliper geser dua piston tidak terpasang radial, garpu teleskopik dalam desainnya daripada terbalik dan fairing tidak memeluk tubuh Ninja dengan cara yang sama dengan saingan yang lebih sporty, memberikan kesan bahwa ini lebih dicantolkan.

Tetapi harus diakui, dengan warna racing green, Ninja 650 terlihat seperti produk Ninja yang benar dan headlampnya yang agresif langsung berteriak ‘Ninja’ pada Anda. Dan itu juga berkendara dengan baik, selama Anda tidak terlalu mendorong keras.

Sporty tapi tidak berlebihan, Ninja adalah motor yang baik dalam menangani meskipun sedikit lunak pada suspensinya (yang hanya dapat diatur untuk preload pada shock).

Ini lebih dari cukup untuk berkeliling di jalan B dengan kecepatan yang bersemangat. Kaliper geser dua piston menggigit cakram dengan perasaan dan kekuatan yang cukup, dan suspensi cukup lentur untuk menjaga segalanya tetap terkendali dan memberikan kualitas berkendara yang memberi kepercayaan diri.

Ini tentu cukup sporty untuk membenarkan merek Ninja-nya tetapi tidak pernah terlalu berlebihan – namun dibandingkan dengan Yamaha R7 atau Aprilia RS660, jelas bahwa ini adalah generasi yang tertinggal dalam hal chasis dan bukanlah motor yang akan Anda pertimbangkan untuk dibawa ke track day.

Tapi lagi, apakah itu yang dimaksudkan? Ini adalah motor sport jalan dan dalam hal itu, Ninja adalah motor yang baik dalam menangani. Tidak luar biasa tetapi baik dan pasti tidak akan mengecewakan.

Seperti halnya dengan mesin, tidak ada yang perlu dikhawatirkan pada sasis Ninja saat membeli bekas kecuali kerusakan akibat kecelakaan, aus dan robek serta item konsumabel yang mendekati akhir masa pakainya.

Kenyamanan & Ekonomi

Ninja 650 hanyalah Ninja dalam nama saja, tentu bukan posisi berkendara! Handel clip-on-nya diletakkan jauh di atas top yoke dan pegs-nya rendah, yang menghasilkan posisi berkendara yang santai dan nyaman, bahkan untuk pengendara yang lebih tinggi.

Menambahkan grip pemanas atau kaca depan yang lebih tinggi (Anda juga bisa mendapatkan kursi aksesori yang lebih berisi) tentu saja membantu tingkat kenyamanan, tetapi secara keseluruhan, ini bukanlah motor yang buruk dan pasti berfungsi dengan baik sebagai sepeda harian.

Dalam hal ekonomi, mencapai angka rata-rata konsumsi bahan bakar sekitar pertengahan 50mpg sangat mudah dengan 60mpg dan mungkin bahkan 65mpg pasti bisa dicapai.

Ini setara dengan jarak tempuh bahan bakar yang jauh lebih dari 150 mil dari tangki 15 liter, yang lebih dari cukup dan membuat Ninja cukup hemat untuk dijalankan.

Perlengkapan Kawasaki Ninja 650 (2017-sekarang)

Meskipun baru diluncurkan pada tahun 2017, ada beberapa upgrade yang perlu Anda ketahui pada Ninja 650.

Ninja selalu memiliki ABS sebagai standar tetapi pada tahun 2020, Kawasaki mendapatkan panel instrumen TFT berwarna dengan konektivitas internal, yang bagus untuk dimiliki tetapi tidak benar-benar penentu keputusan karena tampilan LCD lama juga cukup dapat diterima dan memiliki indikator gigi dan pengukur bahan bakar.

Pada tahun 2023, Ninja mendapatkan TC dua tingkat (yang pertama kali muncul pada Versys 650 setahun sebelumnya), yang merupakan bantuan keamanan yang menyenangkan untuk dilihat tetapi tidak sepenuhnya diperlukan pada motor dengan daya terbatas dan karakteristik motor yang cukup ramah.

Sebagai catatan, fakta bahwa Kawasaki meningkatkan ban pada tahun 2020 dari Dunlop D21 menjadi ban Sportmax Roadsport 2 mungkin lebih penting ketika datang untuk mencegah ban belakang kehilangan traksi…

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan Ninja sebagai sepeda harian atau mini touring, maka motor dengan paket Touring (kaca depan yang lebih besar, tas semi-rigid, pelindung tangki, pelindung lutut.

Dan pengunci rangka) patut Anda cari, sementara Edisi Performa (kaca flyscreen berwarna, pelindung tangki, penutup jok penumpang, dan knalpot Akrapovič yang sesuai dengan peraturan jalan) adalah pilihan yang lebih menarik perhatian.

Kedua varian ini banyak tersedia di pasar bekas dan jika Anda hanya menginginkan satu atau dua tambahan, semuanya tersedia secara terpisah dari dealer Kawasaki, meskipun tentu saja lebih murah untuk membeli motor yang sudah dilengkapi.

Selain aksesori resmi ini, seperti biasa dengan tail tidy, grip pemanas, dll aksesori umum – dan stand tengah, yang bukan standar.

Knalpot bising juga cukup umum dan umumnya lebih baik dihindari, pilih Edisi Performa dengan knalpot Akrapovič yang lebih berbau, tetapi masih sesuai dengan peraturan jalan.

Pesaing Kawasaki Ninja 650 (2017-sekarang)

Ninja 650 biasanya dibeli oleh pengendara baru atau mereka yang memiliki lisensi terbatas, namun bobotnya yang lebih ringan juga membuatnya populer di kalangan pengendara yang menginginkan motor yang terlihat sporty tetapi tidak menginginkan bobot, harga, atau kekuatan berlebihan dari motor liter penuh.

  1. Yamaha R7 (2022-sekarang)
    • Power/Torsi: 72bhp/49lb-ft
    • Berat: 188kg
  2. Honda CBR650R (2019-sekarang)
    • Power/Torsi: 94bhp/46lb-ft
    • Berat: 207kg
  3. Aprilia RS660 (2021-sekarang)
    • Power/Torsi: 99bhp/49lb-ft
    • Berat: 183kg

Dibandingkan dengan generasi saat ini dari motor sport menengah yang full fairing, Ninja 650 secara tegas terasa klasik dalam perasaannya. Lambat dalam memutar dan tidak terlalu menarik secara visual karena tingkat spesifikasi yang lebih rendah, Ninja mudah diabaikan.

Namun, cobalah untuk mengendarainya dan Anda akan menemukan bahwa motor sport yang menawan ini sangat bagus, dan hemat, yang baik dalam menangani dan memiliki motor yang bersemangat.

Satu untuk dibeli bekas dan senang dengan penghematan Anda dibandingkan dengan membeli yang baru seperti R7, RS660, GSX-8R, atau Daytona 660 – tidak selalu harus buru-buru membeli yang baru.

Jika Anda ingin berdiskusi tentang artikel ini atau topik sepeda lainnya, bergabunglah dengan kami dan ribuan pengendara lainnya di halaman Facebook Bennetts BikeSocial.

Spesifikasi Teknis Kawasaki Ninja 650 (2017-sekarang)

  • Kapasitas: 649cc
  • Bore x Stroke: 83mm x 60mm
  • Susunan Mesin: Twin Paralel
  • Detail Mesin: Cairan-dingin, DOHC, 8 katup
  • Tenaga: 67bhp (50.2kW) @ 8500rpm
  • Torsi: 48lb-ft (65.7Nm) @ 6700rpm
  • Kecepatan Maksimum: 130mph
  • Transmisi: 6-kecepatan, penggerak rantai
  • Konsumsi Bahan Bakar Rata-rata: 55mpg
  • Ukuran Tangki: 15 liter
  • Jarak Tempuh Maksimum (teoretis): 160 mil
  • Kapasitas Cadangan: 34 mil
  • Peralatan Pengendara: ABS (TC pada model 2023 dan seterusnya)
  • Rangka: Trellis baja
  • Suspensi Depan: Fork teleskopik 41mm
  • Penyetelan Suspensi Depan: Tidak ada
  • Suspensi Belakang: Monosok
  • Penyetelan Suspensi Belakang: Preload yang dapat disesuaikan
  • Rem Depan: 2 x 300mm cakram, kaliper dua-piston. ABS
  • Rem Belakang: Cakram 220mm, kaliper satu-piston. ABS
  • Ban Depan: 120/70 – ZR17
  • Ban Belakang: 160/60 – ZR17
  • Steering Rake/Trail: 24.5°/ 110mm
  • Dimensi (PxLxT): 2055mm x 740mm x 1135mm
  • Wheelbase: 1410mm
  • Jarak ke Tanah: 130mm
  • Tinggi Tempat Duduk: 790mm
  • Berat Bersih: 193Kg Basah

Mencari asuransi motor? Dapatkan penawaran untuk motor ini dengan asuransi motor Bennetts.

Dengan demikian, Ninja 650 dari Kawasaki adalah pilihan yang menarik bagi mereka yang mencari motor sport menengah yang handal, hemat, dan nyaman.

Meskipun mungkin terasa ketinggalan zaman dalam beberapa aspek, tetapi daya tarik klasiknya dan keandalannya membuatnya tetap menjadi pilihan yang solid di pasar.

Dengan harga yang masuk akal dan performa yang memuaskan, Ninja 650 menawarkan kombinasi yang menarik bagi para pengendara yang menghargai kualitas dan kenyamanan dalam perjalanan mereka. Kabaroto

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *