Saat Macet, Tuas Transmisi Mobil Matik Sebaiknya di D atau N?

0
Macet Pakai Mobil Matik, Lebih Aman Tuas di D atau N?

Macet Pakai Mobil Matik, Lebih Aman Tuas di D atau N?

KABAR OTO – Mobil matik semakin diminati karena kemudahannya dalam pengoperasian, terutama di kondisi lalu lintas padat. Pengemudi tidak perlu lagi menginjak kopling atau memindahkan gigi secara manual. Namun, satu pertanyaan klasik masih sering memicu perdebatan: saat macet atau berhenti lama, sebaiknya tuas transmisi di posisi D atau N?

Cara Kerja Transmisi Mobil Matik

Transmisi mobil matik dirancang untuk mengatur rasio percepatan secara otomatis. Ketika mobil berhenti, sistem transmisi mampu memutus putaran mesin tanpa bantuan pengemudi. Mesin tetap menyala dalam kondisi stasioner meski tuas berada di posisi D.

Risiko Suhu Oli Transmisi Naik

Imun, pemilik bengkel spesialis Ford Trucuk Klaten, menjelaskan bahwa secara sistem mobil matik aman berhenti dengan tuas di D. Namun, jika berhenti terlalu lama, oli transmisi berpotensi mengalami kenaikan suhu lebih cepat.

Baca Juga : Gaspol Menuju Porprov Jatim 2027, IMI Surabaya Ajak Pembalap Muda Unjuk gigi!

Menurutnya, oli transmisi bekerja lebih berat ketika tuas tetap di D meski mobil tidak bergerak. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa memperpendek usia pakai oli dan komponen transmisi. Karena itu, Imun menyarankan memindahkan tuas ke posisi N saat berhenti lama di kemacetan atau lampu merah.

Pandangan Lain: Mobil Matik Modern Lebih Tangguh

Transmisi Zaman Sekarang Lebih Canggih

Berbeda dengan pandangan tersebut, Danang, pemilik bengkel Danang Auto Safe Semarang, menyebut bahwa mobil matik modern—termasuk transmisi AT konvensional—sudah dibekali sistem yang jauh lebih mutakhir dibanding mobil lawas.

Menurut Danang, tidak ada risiko kerusakan signifikan jika mobil berhenti dengan tuas tetap di D selama pedal rem diinjak. Gaya putar mesin akan terputus di torque converter, mirip dengan kondisi mobil manual saat kopling diinjak.

Baca Juga : Honda XL750 Transalp SP Resmi Meluncur, Tampil Retro dan Eksklusif

Perbedaan Posisi D dan N Saat Berhenti

Posisi D

  • Putaran mesin terputus di torque converter
  • Aman selama rem diinjak
  • Berpotensi meningkatkan suhu oli jika berhenti lama

Posisi N

  • Putaran mesin tidak diteruskan ke transmisi
  • Semua kelompok kopling terbebas
  • Lebih ideal untuk berhenti dalam durasi panjang

Baca Juga : Waspada Water Hammer! Ini Dampak Mesin Mobil Kemasukan Air Banjir & Cara Aman Menanganinya

Saat macet atau berhenti di lampu merah, tuas transmisi mobil matik aman berada di posisi D maupun N. Tidak ada risiko kerusakan langsung selama sistem bekerja normal. Namun, untuk berhenti cukup lama, memindahkan tuas ke posisi N dapat membantu menjaga suhu oli transmisi tetap stabil dan memperpanjang usia komponen.

Jadi, pengemudi mobil matik tak perlu panik atau khawatir berlebihan. Yang terpenting adalah memahami kondisi lalu lintas dan menggunakan posisi tuas transmisi secara bijak.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *