Estimasi Biaya Modifikasi Motor Sesuai Tinggi Badan Pengendara: Jangan Asal Potong!

KabarOto.id – Modifikasi suspensi sepeda motor bukan hanya soal gaya atau tampilan, melainkan juga demi menyesuaikan kenyamanan berkendara, terutama bagi pengendara dengan postur tubuh yang lebih pendek. Skutik gambot seperti Yamaha Nmax, Aerox, atau Honda PCX kerap memiliki jok lebar dan posisi duduk tinggi yang membuat sebagian orang kesulitan menapak ke tanah saat berhenti.
Solusinya adalah dengan melakukan penyetelan atau modifikasi suspensi agar motor lebih pendek, atau yang biasa disebut ceper. Namun, proses ini tak bisa dilakukan sembarangan.
Risiko Modifikasi Tanpa Perhitungan
Menurut Muhamad Rizal, pemilik bengkel spesialis sokbreker Pak Yani Pedan, Klaten, modifikasi suspensi harus dilakukan dengan sangat hati-hati. “Membuat skutik gambot lebih pendek harus terukur. Kadang dilakukan beberapa kali, karena pemotongan per dan porosnya harus proporsional,” ujarnya.
Jika terlalu banyak melakukan pemotongan pada per atau poros sokbreker, maka sok menjadi lebih kaku dan peredamannya berkurang. Hasilnya, kenyamanan berkendara justru menurun.
Estimasi Biaya Modifikasi Suspensi Motor
Baca Juga: Tips Agar Tak Salah Beli Shock Replika Motor: Kenali Ciri-Cirinya dan Cara Aman Membeli
Rizal menjelaskan, modifikasi suspensi agar lebih pendek bisa dilakukan dengan biaya sekitar Rp120.000 – Rp150.000 untuk sepasang sok belakang. Harga tersebut sudah termasuk garansi penyetelan ulang, jika hasil awal belum sesuai keinginan konsumen.
“Artinya, konsumen tidak dilepas begitu saja setelah sok dipotong. Bila dirasa belum pas, bisa kembali untuk penyetelan ulang tanpa biaya tambahan,” tegas Rizal.
Garansi ini berlaku dalam jangka waktu pendek sejak modifikasi dilakukan, sesuai perjanjian awal.
Modifikasi Suspensi Tak Bisa Sekali Jadi
Teguh, mekanik dari bengkel Achilles Pedan, Klaten, menambahkan bahwa setiap motor memiliki tingkat kerumitan yang berbeda-beda, sehingga estimasi ongkos modifikasinya tidak bisa dipukul rata.
“Saya tidak bisa memprediksi ongkosnya berapa karena tingkat kerumitannya beda-beda,” ujarnya.
Namun yang pasti, menurut Teguh, modifikasi suspensi motor menjadi lebih ceper tetap aman asalkan dilakukan oleh mekanik berpengalaman dan dilakukan dengan perhitungan matang.
Baca Juga: Cara Menguras Air Radiator Motor Honda: Tips Praktis Agar Mesin Awet
Tips Sebelum Modifikasi Suspensi
- Konsultasikan terlebih dahulu dengan bengkel spesialis sokbreker
- Jangan terlalu ekstrem dalam memendekkan suspensi
- Perhitungkan ulang ground clearance dan ruang kerja sok
- Coba dan rasakan motor setelah dimodifikasi, jangan sungkan untuk meminta penyetelan ulang
- Pastikan bengkel memberikan garansi hasil pengerjaan
Dengan perhitungan yang tepat, modifikasi suspensi sesuai tinggi badan pengendara tidak hanya membuat motor lebih nyaman, tapi juga tetap aman dan fungsional.