Harga Sparepart Suzuki Satria F150 CBU dan CKD: Selisih Bak Bumi dan Langit

0
Harga Sparepart Suzuki Satria F150 CBU dan CKD: Selisih Bak Bumi dan Langit

Harga Sparepart Suzuki Satria F150 CBU dan CKD: Selisih Bak Bumi dan Langit

KabarOto.id – Suzuki Satria F150 dikenal sebagai salah satu motor underbone legendaris di Indonesia. Sejak pertama kali hadir pada awal 2000-an, model ini hadir dalam berbagai varian mulai dari versi Completely Built-Up (CBU) impor hingga Completely Knocked Down (CKD) rakitan lokal.

Di pasar motor bekas, Satria F150 bisa ditemukan dalam berbagai kondisi, baik yang masih menggunakan karburator maupun sudah injeksi. Pilihan harganya pun bervariasi, mulai dari Rp 3 jutaan hingga puluhan juta rupiah, tergantung tahun produksi dan kondisi.

Harga Unit Bekas vs Harga Sparepart

Meski harga unit bekasnya relatif terjangkau, calon pembeli perlu mewaspadai biaya perawatan dan penggantian sparepart—terutama untuk varian CBU.

Syauqi Albi, pengguna sekaligus kolektor berbagai model Satria F150, mengungkapkan bahwa perbedaan harga antara sparepart CBU dan CKD bisa sangat jauh.

Baca Juga: Modifikasi Audio Mobil Listrik: Aman atau Berisiko? Ini yang Harus Diperhatikan!

“Yang penting rangka tidak keropos, kelistrikan orisinal, dan mesin sebisa mungkin orisinal. Kalau itu aman, baru nyaman untuk direstorasi,” jelas Albi (9/8/2025).

Contoh Perbedaan Harga Komponen

Beberapa komponen Satria F150 CBU dan CKD memiliki gap harga yang mencolok:

  • Stiker set:
    • CBU (warna biru): ± Rp 4.000.000
    • Lokal: jauh lebih murah
  • Baut head mesin:
    • CBU: ± Rp 35.000 per buah
    • Lokal: ± Rp 15.000 per buah
  • Tutup busi:
    • CBU: ± Rp 300.000
    • Lokal: ± Rp 50.000

Biaya Restorasi Bisa Melonjak

Perbedaan harga komponen ini berimbas pada total biaya restorasi. Albi mencontohkan, untuk bahan motor yang dibeli sekitar Rp 3,4 juta, biaya restorasi bisa tembus Rp 20 juta jika menggunakan sparepart orisinal CBU.

Baca Juga: Koizumi dan TRA Star Bawa Teknologi Berkualitas Tinggi untuk Pacuan Ohvale, Dipakai Keanu dan Kenzie

“Makanya harus siap mental dan bujet kalau mau bangun motor CBU. Hasilnya memang memuaskan, tapi prosesnya tidak murah,” ujar Albi.

Membeli Suzuki Satria F150, baik CBU maupun CKD, tetap menarik bagi pecinta motor underbone. Namun, pembeli harus mempertimbangkan harga sparepart yang berbeda jauh antara versi impor dan lokal. Untuk kolektor dan penggemar orisinalitas, Satria F150 CBU bisa menjadi investasi emosional—meski membutuhkan biaya yang signifikan untuk merawatnya.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *