Hasil Sesi Warm-Up dari Sirkuit Buriram: Marquez Brothers Siap Panaskan MotoGP Thailand 2025, Sore Ini Jadi Penentuan!

KabarOto.id – Hai, Sobat kabar Oto, Balapan di MotoGP Thailand 2025 makin seru. Duo Marquez, Marc dan Alex, bakal start dengan kepercayaan diri tinggi setelah mendominasi semua sesi sejak kualifikasi, Sprint Race, hingga warm-up pagi tadi. Marc, yang baru saja gabung dengan pabrikan Ducati, sukses mengunci waktu terbaik dengan selisih 0,362 detik dari Alex yang membela tim Gresini. Sementara itu, Francesco Bagnaia tetap membayangi di posisi tiga pada Sprint Race, siap memberikan perlawanan sengit di Grand Prix sore ini.
Dengan performa ganasnya, Marc Marquez jelas jadi favorit buat mengunci kemenangan sempurna di akhir pekan ini. Tapi jangan lupakan Bagnaia! Pembalap utama Ducati itu pasti nggak mau kalah begitu saja. Semua mata tertuju padanya untuk memberikan respons maksimal di trek Chang International Circuit yang terkenal menuntut teknik dan stamina tinggi.
Sabtu kemarin, suhu trek mencapai rekor tertinggi 37 derajat saat Sprint Race. Hari ini, meskipun sedikit lebih rendah di angka 34 derajat saat warm-up, tetap saja kondisi ini bakal menguras fisik para rider. Pilihan ban jadi faktor krusial! Marquez bersaudara memilih kombinasi ban Soft depan-belakang di Sprint Race dan berhasil tampil superior. Tapi, kebanyakan rider justru bermain aman dengan ban Hard di depan dan Soft di belakang demi ketahanan optimal di race utama.
Menariknya, ban Hard kali ini diklaim punya kompon yang sama dengan Soft, hanya saja rangkanya lebih kaku. Dengan trek yang makin licin karena panas ekstrem, grip ban bakal jadi faktor penentu siapa yang bisa melaju konsisten tanpa kehilangan cengkeraman.
Marquez bersaudara, Bagnaia, serta duo Ducati VR46 Franco Morbidelli dan Fabio Di Giannantonio—memilih ban Soft depan saat sesi pemanasan. Begitu juga dengan Marco Bezzecchi dari Aprilia. Sementara itu, pembalap Trackhouse, Raul Fernandez, dan Fabio Quartararo dari Yamaha lebih percaya pada ban Hard depan. Keputusan ini bakal menentukan siapa yang bisa menjaga ritme hingga garis finis.
Salah satu nama yang mencuri perhatian adalah Somkiat Chantra, satu-satunya pembalap yang nekat pakai ban Medium belakang di Sprint. Sayangnya, strategi ini nggak cukup buat memberikan hasil maksimal. Namun, buat balapan utama nanti, opsi Medium bisa jadi senjata kejutan untuk menghemat ban hingga akhir.
Tambahan bumbu drama datang dari penalti tiga posisi grid yang diberikan kepada Somkiat Chantra dan Franco Morbidelli. Keduanya dianggap menghalangi pembalap lain saat sesi latihan Jumat. Dengan kondisi ini, mereka harus berjuang ekstra untuk kembali ke posisi kompetitif.
MotoGP Thailand 2025 – Buriram – Hasil Sesi Warm-Up |
||||||
Pos | Pembalap | NAT | Tim (Motor) | Laptime/Gap | Lap | Top Speed |
1 | Marc Marquez | SPA | Ducati Lenovo (GP25) | 1’29.46s | 5/7 | 338k |
2 | Alex Marquez | SPA | BK8 Gresini Ducati (GP24) | +0.362s | 7/7 | 334k |
3 | Francesco Bagnaia | ITA | Ducati Lenovo (GP25) | +0.425s | 7/7 | 336k |
4 | Franco Morbidelli | ITA | Pertamina VR46 Ducati (GP24) | +0.541s | 6/6 | 334k |
5 | Fabio Di Giannantonio | ITA | Pertamina VR46 Ducati (GP25) | +0.643s | 5/7 | 336k |
6 | Marco Bezzecchi | ITA | Aprilia Racing (RS-GP25) | +0.851s | 6/7 | 329k |
7 | Raul Fernandez | SPA | Trackhouse Aprilia (RS-GP25) | +0.937s | 5/6 | 328k |
8 | Fabio Quartararo | FRA | Monster Yamaha (YZR-M1) | +0.957s | 6/7 | 327k |
9 | Fermin Aldeguer | SPA | BK8 Gresini Ducati (GP24)* | +0.959s | 7/7 | 334k |
10 | Jack Miller | AUS | Pramac Yamaha (YZR-M1) | +0.989s | 3/7 | 333k |
11 | Johann Zarco | FRA | Castrol Honda LCR (RC213V) | +1.020s | 3/7 | 331k |
12 | Enea Bastianini | ITA | Red Bull KTM Tech3 (RC16) | +1.188s | 5/7 | 335k |
13 | Ai Ogura | JPN | Trackhouse Aprilia (RS-GP25)* | +1.209s | 5/7 | 331k |
14 | Alex Rins | SPA | Monster Yamaha (YZR-M1) | +1.215s | 6/6 | 329k |
15 | Luca Marini | ITA | Honda HRC Castrol (RC213V) | +1.249s | 5/7 | 326k |
16 | Pedro Acosta | SPA | Red Bull KTM (RC16) | +1.254s | 5/7 | 333k |
17 | Miguel Oliveira | POR | Pramac Yamaha (YZR-M1) | +1.257s | 6/7 | 335k |
18 | Brad Binder | RSA | Red Bull KTM (RC16) | +1.358s | 5/7 | 336k |
19 | Maverick Viñales | SPA | Red Bull KTM Tech3 (RC16) | +1.547s | 6/6 | 334k |
20 | Somkiat Chantra | THA | Idemitsu Honda LCR (RC213V)* | +2.247s | 6/7 | 332k |
21 | Joan Mir | SPA | Honda HRC Castrol (RC213V) | +2.620s | 2/4 | 329k |
22 | Lorenzo Savadori | ITA | Aprilia Factory (RS-GP25) | +2.865s | 4/7 | 329k |