Solusi Suspensi Motor Listrik Terlalu Keras: Tips Modifikasi dari Ahli Sokbreker GG Suspension

0
Solusi Suspensi Motor Listrik Terlalu Keras: Tips Modifikasi dari Ahli Sokbreker GG Suspension

Solusi Suspensi Motor Listrik Terlalu Keras: Tips Modifikasi dari Ahli Sokbreker GG Suspension

KabarOto.id – Seiring meningkatnya penggunaan motor listrik di Indonesia, muncul keluhan yang semakin sering terdengar: suspensi motor listrik terasa terlalu keras, terutama saat melintasi jalanan berlubang atau bergelombang. Hal ini berdampak langsung pada kenyamanan berkendara, terutama dalam perjalanan jarak jauh.

 Penyebab Suspensi Motor Listrik Kurang Nyaman

 Bobot Motor Listrik yang Lebih Ringan

Motor listrik umumnya memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibanding motor berbahan bakar bensin. Hal ini membuat sokbreker bawaan terasa terlalu kaku, karena tidak mampu beradaptasi dengan kondisi jalan yang beragam di Indonesia.

“Motor listrik itu ringan, jadi sokbreker standarnya terasa keras dan bisa bikin pinggang pegal,” ujar Rivki Gunawan, CEO GG Suspension, bengkel spesialis sokbreker di Bekasi.

Baca Juga: Tips Seru dari Volkswagen: Rayakan Kreativitas & Budaya Lewat Dunia Otomotif!

 Penggunaan Grease Alih-Alih Oli Suspensi

Beberapa pabrikan motor listrik menggunakan grease (gemuk) sebagai pelumas di sistem suspensi, bukan oli seperti motor konvensional. Padahal, grease tidak memiliki kemampuan meredam guncangan sebaik oli, sehingga efek kejut dari jalan berlubang menjadi lebih terasa.

“Grease itu hanya pelicin, bukan peredam. Kalau ingin suspensi lebih nyaman, sebaiknya gunakan oli,” tambah Rivki.

 Motor Listrik yang Sering Dimodifikasi Suspensinya

GG Suspension mencatat beberapa model motor listrik yang paling sering masuk bengkel untuk perbaikan atau modifikasi suspensi, antara lain:

  • Alva Cervo
  • Fox R
  • Fox S
  • Polytron Fox

Keluhan paling umum datang dari suspensi depan teleskopik, yang terasa terlalu keras saat digunakan sehari-hari. Beberapa pengguna juga mengganti monoshock belakang karena kurang empuk.

 Solusi: Modifikasi Sokbreker dan Ganti Aftermarket

Ganti Komponen atau Setting Ulang Rebound

Pengguna motor listrik kini memilih mengganti sokbreker dengan merek aftermarket seperti Ohlins, atau melakukan setting ulang pada rebound suspensi. Dengan penyesuaian ini, motor jadi lebih empuk dan nyaman, bahkan saat melewati jalanan rusak.

“Kalau Fox R, kami paling sering setting suspensi depan. Alva Cervo banyak yang ganti monoshock pakai Ohlins,” jelas Rivki.

Baca Juga: 7 Tips Merawat Mesin Motor Honda BeAT Street Agar Tetap Awet dan Bertenaga

 Modifikasi Suspensi Bisa Tingkatkan Kenyamanan

Jika kamu merasa motor listrik kamu terlalu keras dan tidak nyaman, langkah terbaik adalah memodifikasi suspensinya di bengkel terpercaya. Dengan penggantian oli, setting ulang, atau mengganti dengan sokbreker aftermarket, kamu bisa merasakan kenyamanan berkendara yang jauh lebih baik.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *